|
JUDUL
|
NILAI
|
Nama : -Ade putra idrian
-Abdul yoga
Kelas : X-TKJ-1
Tanggal : 05-february-2018
Job : 2
|
|
|
TUJUAN
1. Siswa mampu menjelaskan tentang perbedaan grafis bitmap
dan vektor
2. Siswa mampu menjelaskan tentang sofware grafis bitmap dan
vektor
3. Siswa mampu menggunakan sofware grafis bitmap dan vektor
4. Siswa mampu memilih sofware yang akan digunakan sesuai
dengan kebutuhan desain grafisnya.
5. Siswa mampu menjelaskan tentang penggunaan warna-warna
primer pada desain grafis
ALAT DAN
BAHAN
1.
1 set PC
2.
Software desain grafis
3.
1 buah TP-Link
TUGAS :
1.
Carillah pengertian tentang desain grafis berbasis vektor dan
berbasis bitmap ?
2.
Carilah perbedaan grafis berbasis vektor dan
berbasis bitmap ?
3.
Carilah kelebihan dan kekurangan grafis berbasis
vektor dan berbasis bitmap ?
4.
Sebutkan software yang digunakan untuk grafis
bitmap dan vektor ?
5.
Apa yang dimaksud dengan istilah CMYK dan RGB ?
6.
Apa perbedaan dan persamaan CMYK dan RGB ?
7.
Sebutkan penggunakan pewarnaan apa yang terbaik
untuk hasil output percetakan ?
8.
Sebutkan penggunakan pewarnaan apa yang terbaik
untuk hasil output pada monitor ?
9.
Carilah bentuk tampilan utama dari coreldraw X3
?
Dan sebutkan kegunaan dari istilah :
Main Menu =
Tollbox =
Properties bar =
Color pallete =
Drawing window =
Drawing page =
Docker =
Document navigator =
10
Buat suatu karya desain grafis berupa gambar
bitmap dan gambar vektor dari gabungan antara bitmap dan vektor ?
JAWABAN :
1.
Grafis adalah gambar yang tersusun dari koordinat-koordinat.
Pada desain grafis, desain dibagi menjadi dua
kelompok, yakni desain bitmap dan desain vektor.
Desain bitmap
Grafis desain bitmap adalah objek gambar yang
dibentuk dengan raster/pixel/titik koordinat. Semakin banyak jumlah titik yang
membentuk suatu grafis bitmap berarti semakin tinggi tingkat kerapatannya. Hal
ini akan semakin halus citra grafis, tetapi kapasitas filenya akan semakin
besar.
Ketajaman warna dan detail gambar pada
tampilan bitmap tergantung pada banyaknya pixel warna atau resolusi yang
membentuk gambar tersebut.
Program aplikasi grafis yang berbasis bitmap
antara lain: Adobe Photoshop, Corel Photopaint, Microsoft Photo Editor, dan
Macromedia Fireworks.
Desain Vektor
Grafis desain vektor adalah objek gambar yang
menggunakan titik-titik koordinat dan rumus-rumus tertentu. Pemakaian grafis
vektor akan lebih irit dari segi volume file, tetapi dari segi pemakaian
prosessor akan memakai banyak memori.
Program aplikasi grafis vektor, antara lain
CorelDraw, Macromedia Freehand, Adobe Illustrator, Micrografx Designer.
2.
A.Gambar Yang Dihasilkan
Vektor :
Tersusun dari grafis dan kurva sehingga gambar yang dihasilkan lebih halus jika
dibandingkan dengan gambar yang dihasilkan oleh grafis berbasis bitmap. Pada
gambar berbasis vektor jika diperbesar gambarnya akan tetap utuh dan halus.
Bitmap : Gambar bitmap
akan kelihatan kasar dan pecah jika gambar diperbesar, karena bitmap sangat
tergantung pada pixel/titik yang menyusunnya.
B.Ukuran
file gambar
Vektor : Membutuhkan memori kecil dalam
penyimpanan karena ukuran file yang dihasilkan lebih kecil.
Bitmap : Memerlukan media penyimpanan besar karena file yang
dihasilkan akan banyak memakan tempat.
C.Kecepatan
akses komputer
Vektor : Lebih cepat karena membutukan memori yang kecil.
Bitmap
: Lebih lambat karena membutukan kapasitas memori yang besar
3.
Kelebihan Grafis Vector
· Ruang
penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien.
· Gambar
vektor Obyek dapat berubah dalam ukuran dan bentuk tanpa menurunkan kualitas
tampilannya.
· Dapat
dicetak pada resolusi tertinggi pada printer.
· Menggambar
dan bentuk mengedit vektor relatif mudah dan menyenangkan.
Kekurangan Grafis Vector
· Tidak
dapat menghasilkan objek gambar vektor utama ketika mengkonversi objek gambar
format bitmap.
Kelebihan Grafis
Bitmap
· Dapat
menambahkan efek khusus tertentu sehingga mereka dapat membuat objek tampil
seperti yang diinginkan.
· Dapat
menghasilkan objek gambar bitmap gambar vektor objek dengan cara yang mudah dan
cepat, kualitas hasil dapat ditentukan.
· Mampu
menangkap nuansa warna alami dan bentuk.
Kekurangan Grafis
Bitmap
· Objek
memiliki masalah ketika gambar diubah ukurannya, terutama ketika objek gambar
diperbesar.
· Efek
diidapat dari objek berbasis bitmap yang akan pecah terlihat atau rincian
kurang bila dicetak pada resolusi yang lebih rendah.
4.
Software Grafis Berbasis Vektor :
CorelDraw
Macromedia FreeHand
Corel Designer
Adobe Illustrator
Software Grafis Berbasis Bitmap :
Windows Paint
Paintbrush
Adobe Phostoshop
Cosel Photopaint
5.
A) CMYK (Cyan Magenta Yellow Key) Adalah
model warna yang biasanya digunakan di percetakan (Printer, Sablon,
dll).
B) RGB (Red Green Blue) Adalah model warna yang biasanya
digunakan sebagai layar layar suatu device.
6.
Persamaan
: RGB dan CMYK itu sama-sama warna primer.
Perbedaan :
A) RGB = Red
Green Blue (merah, hijau, biru)
· RGB merupakan warna-warna primer yang digunakan pada monitor
· Jadi RGB lebih digunakan untuk desain yang nantinya
ditampilkan ke media layar monitor
· Jika warna RGB di campur semua, akan menghasilkan warna putih.
B) CMYK = Cyan Magenta Yellow Black (orang
awam bilang biru, merah, kuning dan hitam )
· CMYK merupakan warna-warna primer yang paling banyak digunakan
pada printer
· CMYK lebih digunakan untuk desain yang nantinya ditampilkan ke
media cetak
· Jika warna CMY di campur semua, akan menghasilkan warna hitam.
7.
Warna CMYK Dan
RGB merupakan dua
komponen penting dalam teori warna. Dua komponen ini menjadi dasar
dalam membentuk warna – warna lain. Sebelum membuat suatu desain, desainer
harus menentukan terlebih dahulu desain tersebut akan dicetak atau
hanya dipresentasikan melalui media monitor. Mengapa? Karena
warna CMYK dan RGB akan menghasilkan hasil yang berbeda ketika
ditampilkan dalam bentuk visual di monitor dan ketika dicetak.
8.
Sedangkan
warna RGB merupakan warna Red, Green dan Blue. Ketiga warna ini
menghasilkan kecerahan warna yang lebih cerah daripada warna CMYK.
Karena itu, warna RGB sangat baik digunakan untuk presentasi visual
di monitor. Bagi para desainer grafis, warna RGB lah yang paling sering
digunakan. Namun, bagi mereka desainer grafis yang memiliki
peminatan di bagian percetakan akan lebih sering memakai warna CMYK.
9.
A)
Menu Bar
Menubar berisi perintah-perintah menu, yang terdiri dari 12 menu. Untuk mengoperasikan menu-menu tersebut, klik menu yang dituju atau menggunakan tombol shortcut.
Menubar berisi perintah-perintah menu, yang terdiri dari 12 menu. Untuk mengoperasikan menu-menu tersebut, klik menu yang dituju atau menggunakan tombol shortcut.
B)Toolbox
Toolbox berisi icon-icon yang melambangkan piranti-piranti yang dapat dipilih untuk melakukan berbagai pekerjaan desain.
C) Property Bar
Property bar digunakan untuk menampilkan property dan fungsi masing-masing toolbox.
D) Color Palette
Color palette merupakan fasilitas untuk memberi warna pada objek yang dibuat.Color palette terletak di sebelah scroolbar vertical.
E) Drawing Window
Drawing window merupakan area kosong yang berada di sekitar halaman cetak.Drawing window berguna untuk memodifikasi serta mengatur objek yang Anda buat. Dalam membuat suatu desain sebaiknya lakukan di dalam drawing window ini.
Toolbox berisi icon-icon yang melambangkan piranti-piranti yang dapat dipilih untuk melakukan berbagai pekerjaan desain.
C) Property Bar
Property bar digunakan untuk menampilkan property dan fungsi masing-masing toolbox.
D) Color Palette
Color palette merupakan fasilitas untuk memberi warna pada objek yang dibuat.Color palette terletak di sebelah scroolbar vertical.
E) Drawing Window
Drawing window merupakan area kosong yang berada di sekitar halaman cetak.Drawing window berguna untuk memodifikasi serta mengatur objek yang Anda buat. Dalam membuat suatu desain sebaiknya lakukan di dalam drawing window ini.
F)
Drawing Page
Drawing page merupakan area kotak yang terletak pada Drawing window. Drawing page merupakan gambaran yang menunjukkan area maksimal yang dapat dicetak oleh printer.
Drawing page merupakan area kotak yang terletak pada Drawing window. Drawing page merupakan gambaran yang menunjukkan area maksimal yang dapat dicetak oleh printer.
G)
Dockers
Dockers merupakan area untuk mengoperasikan efek-efek gambar. Anda dapat memunculkan dan menyembunyikan docker sesuai keinginan.
Dockers merupakan area untuk mengoperasikan efek-efek gambar. Anda dapat memunculkan dan menyembunyikan docker sesuai keinginan.
H)
Document Navigator
Document navigator merupakan fasilitas untuk melihat halaman tertentu, berpindah ke halaman lain, dan menyisipkan halaman baru. Document navigator terletak di bagian kiri bawah drawing window.
Document navigator merupakan fasilitas untuk melihat halaman tertentu, berpindah ke halaman lain, dan menyisipkan halaman baru. Document navigator terletak di bagian kiri bawah drawing window.
10.Vektor :
Bitmap :
CAMPURAN :
EmoticonEmoticon